DISCOGRAPHY

HOME > DISCOGRAPHY
7 album anak-anak (1988-1994)
 
Pada tahun 1988-1994 Bondan menghasilkan 7 album anak-anak yang sebagian besarnya diproduseri oleh ayahnya, Sisco Batara. Si Lumba-lumba yang merupakan single pertama dari album ke-5 adalah lagu yang melambungkan namanya di belantika musik Indonesia.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Funchopat (1999)
 
Sebuah band bernama Funky Kopral yang dibentuk dan digawangi oleh Bondan Prakoso pada tahun 1997 ini merilis album perdananya, Funchopat, pada tahun 1999. Funky Kopral formasi awal beranggotakan Anggara Mulia (vocal), Bondan Prakoso (vocal, bass), Arlonsi Miraldi (guitar), Kristo Perwira (guitar), Robby Wibowo (drum). Funchopat dan Cassanova menjadi lagu andalan di album ini.
 
1. Depresi
2. Funchopat
3. Cassanova
4. Suntuk 
5. Psycho  
6. Pesta Funky  
7. Burn The Liar 
8. Masa Depan Lalu  
9. Birokrasi
10. Error
11. Malam
 
 
 
Funkadelic Rhythm and Distortion (2000)
 
Album kedua Funky Kopral yang dirilis pada 17 November 2000 ini menelurkan 3 hits single yaitu; Bagian Yang Hilang, Super Funk, dan Drop Dead Down. Di lagu Drop Dead Down. Di album ini Funky Kopral mengajak beberapa musisi untuk berkolaborasi, antara lain: DJ "Kebot", Aryo Wahab "S. O. G." dan Ombat "Tengkorak". Melalui album ini Funky Kopral dianugerahi penghargaan sebagai "Group Alternatif Terbaik" pada AMI Sharp Awards 2001.
 
1. Pak Tua
2. Usai
3. Lelah
4. Stay Out Of This
5. Bagian Yang Hilang
6. Super Funk
7. Lagu Buat Fans
8. Drop Dead Down (Feat. DJ "Kebot", Aryo "S. O. G.", Ombat "Tengkorak")
9. Sunyi Bernyanyi
10. Funk You
11. Ngayal
 
 
 
 
 
Misteri Cinta (2002)
 
Misteri Cinta, Sebuah album kolaburasi antara pengusaha dan budayawan Setiawan Djody dengan Funky Kopral ini cukup sukses dengan menyabet penghargaan AMI Awards 2003 untuk kategori "Kolaburasi Rock Terbaik". Ini merupakan album musik pertama karya Setiawan Djody featuring Funky Kopral, yang dijembatani oleh Toto Tewel sebagai Music Director. Tokek, Misteri Cinta dan Revolusi Biru menjadi single-single pada album ini.
 
1. Tokek
2. Misteri Cinta
3. Revolusi Baru
4. Cinta dan Berontak
5. Marimby
6. Selendang Asmara
7. Dagang Sapi
8. Debu
9. Gerhana Cinta
10. Revolvere
 
 
 
Bass Heroes (2005) 
 
Album ini merupakan album kompilasi dari 13 pemain bass Indonesia, yang mana salah satunya adalah Bondan Prakoso, dengan singlenya "Psychedelic Sub Rhythm". Album ini mendapat penghargaan dari MURI untuk kategori "Album Musik Rekaman dengan Pemain Bass Terbanyak".
 
Selain Bondan Prakoso, 12 pemain bass lainnya yaitu; Thomas Ramdhan (Gigi), Rindra Risyanto Noor (Padi), Adam (Sheila on 7), Ronny Febri Nugroho (Coklat), Bongky Marcel (BIP), Indro Hardjodikoro, Bintang Indrianto, Barry Likumahua, Iwan Xaverius, Arya Setiyadi, Nissa Hamzah (Omelette), Ari Firman.
 
 
 
 
 
 
 
Respect (2005)
 
Pada tahun 2004, Bondan mengajak Tito a.k.a. Titz (Fade2Black) untuk membuat sebuah project musik yang kemudian dikenal dengan nama Bondan Prakoso & Fade2Black, Respect adalah album pedananya. Personil Fade2Black lainnya yang terlibat dalam project ini adalah Danial Rajab Fahreza a.k.a. Lezzano dan Ardaninggar Nazir a.k.a. Santoz. Album ini dirilis di bawah naungan Sony BMG Indonesia ditahun 2005, dengan beberapa single di antara lain: Bunga, Please Dong Ah!, Hidup Berawal Dari Mimpi, dan Feels Like Home.
 
1. Respect
2. Please Dong Ah! (feat. Rio Saharadja)
3. Bunga
4. Feels Like Home
5. Hidup Berawal Dari Mimpi
6. Siapa
7. Realistic
8. It's All About Soul (feat. Rio Saharadja)
9. Stay On The Line
10. Jazzy Tringual (feat. Rio Saharadja)
11. 1234
12. Cahya Cinta Sejati
 
 
 
Unity (2007)
 
Unity merupakan album kedua dengan single pertamanya Keroncong Protol yang sarat akan musik tradisional dan modern yang bercampur baur. Rezpector, begitu sebutan nama fans dari mereka, lahir dalam fase pembuatan album ini, sebagai bentuk kecintaan dan dedikasi untuk mereka, Bondan Prakoso & Fade2Black membuatkan hymne untuk mereka dengan judul Rezpector. single-single lain dari album ini adalah Xpresikan, Kau Puisi, dan Unity.
 
1. Unity
2. Xpresikan
3. Kau Puisi
4. Keroncong Protol
5. Waktu 
6. U'll Sorry
7. Rezpector
8. R. I. P. (Rhyme In Peace)
9. Gusti Dewata Mulia Raya
10. Wrong Way
11. Microphone XXX
12. Rock On The Beat
13. Last But Not Least
 
 
 
For All (2010)
 
Pada tahun 2010 Bondan Prakoso & Fade2Black mengeluarkan Album yang bertajuk For ALL. Album yang berisikan 11 lagu ini menjadi album yang menandai puncak kesuksesan mereka selama terjun dalam industri musik Indonesia. Single Ya Sudahlah sukses di pasaran, kemudian disusul single-single lainnya Kita Slamanya, Tetap Semangat, Not With Me, dan Sang Juara.
 
1. Ya Sudahlah
2. Good Time
3. Tetap Semangat
4. Sang Juara
5. Bumi ke Langit
6. Not With Me
7. S. O. S. (Save Our Soul)
8. For All
9. Terinjak Terhempas
10. Kita Slamanya
11. Tidurlah
 
 
 
Respect & Unity For All (2012)
 
Judul album ke-4 ini merupakan gabungan dari ketiga judul album mereka sebelumnya yakni; Respect, Unity, dan For All. Dirilis pada April 2012 single pertama dari album ini adalah Tak Terkalahkan, kemudian disusul Tak Sempurna, lalu Manusia Sejuta Perkara. Pada tanggal 13 September 2013, Bondan Prakoso & Fade2Black mengumumkan untuk vacuum dalam jangka waktu yang tidak ditentukan melalui akun media sosial mereka.
 
1. Respect & Unity For All
2. Tak Terkalahkan
3. Tak Sempurna
4. Pelita Hidup
5. Manusia Sejuta Perkara
6. Cahaya Sejati
7. Game Of Life
8. It's Not A Goodbye
9. Bring It
10. Home
 
 
 
 
I Will Survive (2013) 
 
Pada tanggal 11 Oktober 2013 Bondan Prakoso resmi memutuskan untuk kembali bersolo karir dengan merilis single berjudul I Will Survive, yang dijual dalam bentuk fisik dan digital dalam naungan label miliknya sendiri VOLD Record. Pada titik ini Bondan Prakoso, dengan sapaan barunya Mr. LD (Mr. Legendary Dreamer), resmi menyatakan status musisinya sebagai musisi indie/ independent.
 
1. I Will Survive
*1st Step (Bonus Video)
 
 
 
 
 
Generasiku EP (2014)
 
Mini album yang dirilis pada akhir bulan April 2014 ini merefleksikan kepedulian Bondan akan para generasi muda yang sedang mencari jati diri di tengah situasi negara yang sedang menghadapi krisis pada hampir seluruh aspek kehidupan. Dengan lirik yang bermuatan positif dan memotivasi, dibalut dengan musik bergenre Alternative-Rock, Bondan hendak membangun kesadaran dan membangkitkan semangat para generasi muda Indonesia untuk terus melangkah dan berkarya, seberapa pun sulitnya, dan sebesar apapun tantangannya. Ini bukan saaatnya kita tuk berlari, berlari tuk sembunyi.
 
CD 1
1. Menerjang Matahari
2. Generasiku
3. Melodi Kedamaian
4. Take It Easy
5. Kau Tak Sendiri
 
CD 2
*Beautiful World (Bonus Video)
 
 
 
Untuk Selamanya - OST Para Pemburu Gajah (2014)
 
Falcon Picture mempercayakan Bondan sebagai pengisi soundtrack untuk film anak berjudul Para Pemburu Gajah, dan ini merupakan kali pertama Bondan terlibat dalam sebuah soundtrack film layar lebar. Bondan membawakan sebuah lagu karya musisi muda berbakat Amir Gita Pradana yang dirilis pada bulan Mei 2014. Single Untuk Selamanya ini menceritakan tentang hubungan antara manusia dengan alam, di mana manusia tidak akan bisa bertahan tanpa adanya alam sebagai penopang kehidupan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Miracle (2016)
Bersama Osvaldorio, seorang produser muda pemenang ajang kompetisi musik elektronik bergengsi tahun 2015 yang diselenggarakan NET TV yakni The Remix, Bondan bereksplorasi untuk membuat sebuah single yang tak biasa. Dengan ramuan komposisi musik yang jenius ala Osvaldorio, Bondan seakan menemukan sebuah dimensi baru dalam menulis lagu. Bondan pun tak lupa memberi sentuhan slap bass di setiap part Drop sehingga membuat lagu ini menjadi perpaduan dua warna yang menarik untuk disimak.
 
 
 
 
 
 
 
 
What The F?! (2017)
 
Berawal dari keisengan sang istri dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72, Bondan ditantang untuk membuat sebuah lagu dalam waktu 24 jam. Dengan kepiawaiannya meramu lagu juga jam terbang yang tak diragukan lagi, lahirlah sebuah single yang kental bernuansa musik Funk-Rock, yang kemudian secara resmi dirilis pada tanggal 3 September 2017. Dengan lirik yang sedikit sarkas, reaksi dari rasa muak Bondan terhadap orang-orang yang menurutnya tidak menggunakan media sosial dengan bijak dan bertanggung jawab, What The F?! disambut gembira oleh para fans yang telah lama menunggu sebuah lagu yang merepresentasikan ciri dari musik Bondan Prakoso. Terlihat dari ramainya kolom komentar pada Official Music Video yang di upload di kanal Youtube miliknya.
 
 
 
 
 
 
 
Pejuang Garis Finish (2019)
 
Tahun 2019 menjadi tahun yang cukup produktif bagi Bondan. Setelah cukup lama absen, kini Bondan kembali merilis sebuah single yang diberi judul Pejuang Garis Finish. Sebuah lagu dengan lirik yang penuh akan motivasi, dibungkus dengan musik yang kental bernuansa Rock.