BONDAN TULARKAN SEMANGAT "PEJUANG GARIS FINISH"

HOME > BONDAN TULARKAN SEMANGAT "PEJUANG GARIS FINISH"

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Bondan Prakoso meluncurkan singel terbarunya yang berjudul "Pejuang Garis Finish" pada 31 Maret 2019 lalu. Single ini memiliki napas rock n' roll dengan lirik-lirik yang menyuarakan semangat, bangkit dan pantang menyerah hingga akhir di situasi dan kondisi apapun dalam melakukan suatu kegiatan. Menurut Bondan, ide mencipta lagu ini bermula dari kehidupannya berumah tangga selama 11 tahun. "Sebetulnya idenya muncul pertama kali dari rumah, dari 11 tahun perjalanan saya bersama istri yang berusaha untuk bisa mandiri dalam mengurus rumah tangga dan membesarkan kedua anak," kata Bondan dalam pesan What's App kepada Kompas.com pada Selasa (2/4/2019). "Kami belajar menjadi orangtua yang ternyata tidak mudah. No nanny, no helper, no driver. Kami sering kali menemui kesulitan, kegagalan, dan jalan buntu. Dari situ kita banyak sekali mendapat pelajaran. Salah satunya yaitu memperjuangkan apa yang kita yakini benar, dengan segala tantangan dan risikonya," lanjut Bondan.

Dengan segala tantangan dan rintangan yang ada, Bondan berusaha untuk bisa melaluinya demi mencapai tujuan yang dia dan keluarga kecilnya harapkan. Semangat ini pula yang ingin Bondan tularkan melalui "Pejuang Garis Finish". "Kami harus bisa menyelesaikan apa apa yang telah kami mulai, mencapai goal-goal yang kami buat sendiri. Dari sini, saya ingin menularkan semangat yang serupa kepada orang-orang yang juga mengalami dan merasakan hal yang sama dengan kami di luar sana," kata Bondan. Dalam singel ini Bondan juga mengajak Donny dan Kiki, dua additional player yang sudah mengiringinya lebih dari 10 tahun berjuang di atas panggung untuk terlibat di karyanya terbarunya ini. Menurut dia, kehadiran dua orang tersebut bisa menjadi pembeda.
"Untuk single kali ini, memang saya ingin ada sesuatu yang berbeda pada detail aransemen musik. Saya mau ada vibe dan energi baru yang bisa memperluas dimensi musik saya. Selain Donnie dan Kiki sangat mengenal idealisme bermusik saya, mereka adalah musisi yang gigih dan hebat," ujar Bondan. "Kalau untuk stok lagu bareng mereka hampir enggak pernah ada, karena sebagian besar lagu saya ciptakan secara spontan, sesuai dengan mood dan kebutuhan pada saat itu," lanjutnya menjelaskan. Bagi Bondan, lagu-lagu yang diciptakannya adalah sebuah investasi yang tak ternilai. Jika pesan dan energi positif itu dapat diserap serta menular ke setiap pendengar karyanya, Bondan mengaku akan bahagia. "Bagi saya, karya itu investasi yang nilainya jauh lebih besar dari uang. Pesan yang disampaikan melalui lagu akan memberikan feedback kepada si pencipta lagu itu sendiri, atau pun yang menyanyikannya." "Saya suka saat orang merasa termotivasi dan terinspirasi yang kemudian tergerak untuk melakukan hal yang positif setelah mendengar karya saya. Ketika mereka sampaikan itu kepada saya, baik secara langsung maupun via media sosial, itu membuat saya merasa sangat bahagia, dan ingin terus mengulanginya lagi. Jadi saya mau karya saya bukan hanya sekedar bisa dinikmati, tapi juga bisa bermanfaat bagi banyak orang," tuturnya panjang lebar.

Di satu sisi Bondan juga berbagi kabar tentang kegiatan lainnya yang dia lakukan belakangan ini. "Saat ini saya hanya fokus di karier musik saja, karena itu sudah cukup menyita banyak waktu, energi dan pikiran. Selebihnya, sebagian besar waktu saya habiskan bersama keluarga kecil saya, masih terus berjuang dan berusaha untuk mencetak generasi penerus yang berkualitas," demikian Bondan menutup pesan What's App-nya.

Penulis : Irfan Maullana
Editor : Irfan Maullana